Selasa, 16 November 2010

Perkembangan dan Pertumbuhan

Penis berkembang pada saat penentuan kelamin di dalam rahim.
Peristiwa yang paling khas dalam minggu kelima adalah gastrulasi, yaitu proses yang membentuk ketiga lapisan germinal pada embrio. Tiga lapisan yang berkembang yaitu endoderm, mesoderm, dan, ektoderm, masing-masing akan membentuk organ. Lapisan endoderm atau lapisan terdalam akan membentuk saluran pencernaan, usus, hati, dan paru. Lapisan tengah atau mesoderm akan membentuk jantung, alat kelamin, otot, tulang, dan ginjal. Lapisan terluar, yaitu ektoderm akan membentuk rambut, kulit, mata, dan sistim saraf.
http://travelling.setyobudianto.com/2010/09/perkembangan-bayi-dalam-kandungan-saat.html

Seperti ovarium (kandung telur), penis berkembang dari gonad, yang berkembang sebagai penebalan lapisan mesotel pada peritoneum. Peritoneum sendiri berkembang dari mesoderm. Perbedaan kelamin mulai tampak setelah embrio berusia tujuh minggu.
http://id.wikipedia.org/wiki/Penis

Jenis kelamin dapat dilihat dengan pemeriksaan USG paling awal apa usia kehamilan 12-14 minggu. Semakin besar janin semakin mudah memeriksa jenis kelamin janin.

Visualisasi jenis kelamin tergantung beberapa faktor seperti : posisi janin, jumlah air ketuban, ketebalan dinding perut ibu. Umumnya pada usia 22-24 minggu jenis kelamin lebih mudah ditentukan. Pemeriksaan jenis kelamin janin terkadang tidak bisa dipastikan. Maka ada dokter atau rumah sakit yang menolah memberitahukan jenis kelamin janin.
http://drprima.com/kehamilan/melihat-jenis-kelamin-dengan-pemeriksaan-usg.html

Pada pertumbuhan normal, penis dan kantung pelir mulai mengalami perkembangan pada saat pubertas (akil baligh dalam istilah keagamaan Islam). Hormon testosteron berperan dalam perkembangan ini. Proses inilah yang akan menentukan ukuran penis. Berdasarkan pengamatan terhadap ribuan contoh laki-laki berusia 17-18 tahun tidak ditemukan perbedaan rata-rata panjang penis antara usia 17 dan 19 tahun, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa perkembangan penis berhenti pada sekitar usia 17tahun atau bahkan lebih awal.
http://id.wikipedia.org/wiki/Penis

Tidak ada komentar: